Selasa, 30 November 2010

TUGAS MBS


LAPORAN
HASIL KEGIATAN OBSERVASI MBS DI MI ASAS ISLAM SALATIGA
Disusun Guna Memenuhi  Tugas Mata Kuliah Manajemen Berbasis Sekolah
Dosen Pengampu Prof. Dr. Slameto, M.Pd







Oleh:
Kelompok 5
Ayu Pramudyawati                 292008093
Sujarwatik                               292008054
Toni Agus Ardie                     292008050
Mifta Andin A.                       292008137
Retno Ambar S.                      292008189
Ria Yuni A.                             292008072


PROGAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2010

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah  dengan judul “LAPORAN HASIL KEGIATAN OBSERVASI MBS DI MI ASAS ISLAM SALATIGA”. Malakah ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Penulis menyadari bahwa makalah  ini dapat diselesaikan dengan baik berkat bimbingan, dorongan dan bantuan dari banyak pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, penulis menyampaikan ucapan terima kasih:
1.    Prof. Dr. Slameto, M.Pd, selaku Dosen mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah yang telah memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan selama menuntut ilmu di Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga serta telah memberikan bimbingan, pengarahan, dan motivasi sehingga makalah  ini dapat diselesaikan dengan baik.
2.    Orang tua dan keluarga yang telah memberikan dukungan baik secara moril maupun materil.
3.    Teman-teman yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang selalu membantu dalam menyelesaikan makalah ini dalam bentuk diskusi yang mendukung,  fasilitas maupun bantuan yang dibutuhkan dalam penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunanan makalah  ini, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan. Akhir kata, penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

                                                                                                Salatiga, 04 Mei  2010

                                                                                                            Penulis

DAFTAR ISI

Halaman Judul............................................................................................................. 1
Kata Pengantar............................................................................................................. 2
Daftar Isi ..................................................................................................................... 3
Bab I Pendahuluan ...................................................................................................... 4
A.    Latar Belakang........................................................................................... 4
B.     Rumusan Masalah...................................................................................... 5
C.     Tujuan... ..................................................................................................... 5
D.    Manfaat ..................................................................................................... 5
Bab II Pembahasan ..................................................................................................... 6
A.    Profil Sekolah............................................................................................. 6
B.     Visi dan Misi.............................................................................................. 6
C.     Tata Tertib sekolah …................................................................................ 7
D.    Program Kegiatan...................................................................................... 9
E.     Struktur Organisasi.................................................................................... 11
F.      Dasar Kemampuan Guru............................................................................ 11
G.    Penerapan MBS......................................................................................... 12
Bab III Penutup........................................................................................................... 15
Kesimpulan................................................................................................ 15
Saran ......................................................................................................... 15










BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Kesadaran tentang pentingnya pendidikan yang dapat memberikan harapan dan kemungkinan yang lebih baik dimasa mendatang, telah mendorong berbagai upaya dan perhatian seluruh lapisan masyarakat terhadap setiap gerak langkah dan perkembangan dunia pendidikan. Pendidikan sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia. Pada intinya bertujuan untuk memanusiakan manusia, mendewasakan, dan merubah perilaku, serta meningkatkan kualitas hidup.
Sekolah sebagai institusi (lembaga) pendidikan yang merupakan tempat untuk melaksanakan proses pendidikan, memiliki sistem yang komplek dan dinamis. Dalam kegiatannya, sekolah bukan hanya sekedar tempat berkumpul guru dan murid, tetapi sekolah berada dalam satu tatanan sistem yang saling berkaitan. Oleh karena itu sekolah dipandang sebagai suatu organisasi yang membutuhkan pengelolaan. Kegiatan inti organisasai sekolah adalah mengolah sumber daya manusia (SDM) yang diharapkan menghasilkan lulusan berkualitas tinggi sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.
Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan pemberdayaan sekolah melalui Manajemen Berbasis Sekolah, yang intinya memberikan kewenangan dan pendelegasian kewenangan kepada sekolah untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas secara berkelanjutan.
Suatu pendidik dijalankan oleh bagian dari masyarakat yang mengabdi kepada pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah atau yayasan. Yayasan dijalankan oleh tenaga masyarakat yang memiliki kemampuan professional dalam mengajar serta memiliki kepribadian yang mantap. Yayasan sendiri merupakan lembaga pendidikan yang menjalankan proses kegiatan belajar mengajar, sehingga terciptalah suatu pendidikan yang berjalan sesuai apa yang diinginkan masyarakat sekitar demi kemajuan pendidikan.
Sekolah islam adalah suatu lembaga yang menempatkan visi dan misi pendidikan dengan dasar syariat-syariat islam. Hal ini berarti dalam aspek organisasi, pengajar hingga pendayagunaan komponen yang ada terkait dengan syariat Islam. Sekolah islam ini bertujuan untuk memberikan pendidikan. Bukan hanya pendidikan secara pedagogik, tetapi sekolah islam ini juga memberikan pendidikan yang  bersumber dari ajaran agama Islam.
B.       Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah “Bagaimana penerapan MBS di MI ASAS Islam Tingkir Kalibening Salatiga”.

C.      Tujuan
Observasi ini dilakukan mahasiswa dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah manajemen berbasis sekolah. Kegiatan ini berguna bagi mahasiswa untuk menambah pemahaman tentang menejemen yang ada di Sekolah, dengan tujuan sebagai berikut:
1.      Mengetahui penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di sekolah.
2.      Mengetahui manfaat dan pengelolaan sumber-sumber daya sekolah.
3.      Mengetahui pengembangan dan strategi MBS sesuai dengan visi, misi, dan tujuan pengembangan sekolah.
4.      Mengetahui pengelolaan kurikulum dan penetapan tolak ukur penilaian  kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan sekolah.

D.    MANFAAT
Observasi ini dilakukan mahasiswa dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah manajemen berbasis sekolah. Kegiatan ini manfaatnya yaitu :
Bagi mahasiswa:
1.      Dapat mengamati langsung sejauh mana MI Asas Islam dalam menerapkan MBS
2.      Mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan stakeholder MI Asas Islam
Bagi sekolah:
1.      Sekolah dapat membenahi kekurangan dalam penerapan MBS
2.      Sekolah dapat masukkan dari mahasiswa dan saling berinteraksi untuk meningkatkan mutu MBS





BAB II
PEMBAHASAN

A.    PROFIL SEKOLAH
Identitas Sekolah
1.         Nama sekolah                                      : MI ASAS ISLAM
2.         NIS                                                     : 110030
3.         NSS                                                     : -
4.         Propinsi                                               : Jawa Tengah
5.         Otonomi                                              : Daerah Salatiga
6.         Kecamatan                                          : Tingkir
7.         Desa / Kelurahan                                 : Kalibening
8.         Jalan dan Nomor                                 : Ja’far Shodiq 17
9.         Kode Pos                                            : 50744
10.     Telepon                                               : Kode Wilayah : 0298 Nomor : 2691443
11.     Faksimile                                             : Kode Wilayah :         Nomor :
12.     Daerah                                                 : Perkotaan
13.     Status Sekolah                                                : Swasta
14.     Kelompok Sekolah                              : Inti
15.     Akreditasi                                           : B Tahun 2005
16.     Surat Keputusan / SK                         : No. 32 tanggal 31-05-2005
17.     Penerbit SK (ditandatangani oleh)     : Kanwil Depag Propinsi Jawa Tengah
18.     Tahun Berdiri                                      : 1959
19.     Tahun Perubahan                                : -
20.     Kegiatan Belajar Mengajar                 : Pagi
21.     Bangunan Sekolah                              : Milik Sendiri
22.     Luas Bangunan                                   : 2197 M2
23.    Lokasi Sekolah                                    : Jl. Ja’far Shodiq 17 Salatiga
24.    Jarak ke pusat kecamatan                    : 0,5 km
25.    Jarak ke pusat otoda                            : 1 Km
26.    Terletak pada lintasan                         : Kecamatan
27.    Jumlah keanggotaan rayon                  :           Sekolah : -
28.    Organisasi Penyelenggara                   : ORGANISASI
29.    Perjalanan / perubahan sekolah           : -
B.     VISI DAN MISI SEKOLAH
1.      Visi
Terwujudnya peserta didik yang berprestasi, santun dalam berperilaku serta beriman dan bertaqwa.
2.      Misi
a.       Melaksanakan pembelajaran PAKEM
b.      Memberikan pembinaan dalam menghadapi lomba
c.       Menyampaikan pemahaman al Quran dan al Hadist
d.      Melaksanakan pembiasaan kegiatan beribadah

C.    TATA TERTIB SEKOLAH
1.      Hal masuk sekolah
a.       Semua murid harus di sekolah selambat-lambatnya 5 menit sebelum jam pelajaran dimulai
b.      Murid yang datang terlambat tidak diperkenankan masuk dalam kelas, melainkan harus melapor terlebih dahulu kepada kepala sekolah
c.       Murid absen hanya karena sungguh-sungguh sakit atau keperluan yang sangat penting.
d.      Urusan keluarga harus dikerjakan diluar sekolah atau waktu libur sehingga tidak menggunakan hari sekolah
e.       Muruid yang absen pada waktu masuk kembali harus melapor kepada sekolah dengan membawa surat-surat yang diperlukan (surat dokter atau orang tua/ wali)
f.       Murid tidak diperkenankan meningalkan sekolah selama jam pelajaran berlangsung
g.      Kalau seandainya murid sudah merasa sakit di rumah, lebih baik tidak masuk sekolah
2.      Kewajiban murid
a.       Taat kepada guru-guru dan kepala sekolah
b.      Ikut bertanggung jawab atas kebersihan keamanan dan ketertiban kelas dan sekolah pada umumnya
c.       Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabot dan peralatan sekolah
d.      Membantu kelancaran pelajaranbaik di kelasnya maupun di sekolah pada umumnya
e.       Ikut menjaga nama baik sekolah, guru dan pelajar pada umumnya, baik di dalam maupun di luar sekolah.
f.       Menghormati guru dan salig menghargai antara sesama murid
g.      Membayar uang sumbangan pembinaan pendidikan pada setiap bulan yang bersangkutan
h.      Melengkapi diri dengan keperluan sekolah
i.        Murid yang membawa kendaraan agar menempatkan di tempat yang telah ditentukan dalam keadaan terkunci
j.        Ikut membantu agar tata tertib sekolah ditaati
3.      Larangan murid
a.       Meninggalkan sekolah selama jam pelajaran berlangsung, penyimpangan dalam hal ini hanya dengan ijin kepala sekolah
b.      Membeli makanan dan minuman diluar sekolah
c.       Menerima surat atau tamu-tamu disekolah
d.      Memakai perhiasan yang berlebihan serta berdandan yang tidak sesuai kepribadian bangsa
e.       Merokok di dalam dan di luar sekolah
f.       Meminjam uang dan alat-alat pelajaran antara sesama murid
g.      Mengganggu jalannya pelajaran baik terhadap kelasnya maupun terhadap lekas lain
h.      Berada atau bermain-main di tempat kendaraan
i.        Berada di dalam kelas selama waktu istirahat.
j.        Berkelahi dan main hakim sendiri jika  menemui persoalan antar teman
k.      Menjadi anggota perkumpulan anak-anak nakal
4.      Hal pakaian dan hal lain-lain
a.       Setiap murid wajib mamakai seragam sekolah lengkap sesuai dengan ketentuan sekolah
b.      Murid-murid putri tidak diperbolehkan memelihara kuku panjang dan memakai alat-alat kecantikan kosmetik yang lazim digunakan oleh orang-orang dewasa
c.       Rambut dipotong rapi bersih dan terpelihara
d.      Pakaian olah raga sesuai dengan ketentuan sekolah
5.      Hak-hak murid
a.       Murid-murid berhak mengikuti pelajaran selama tidak melanggar tata tertib
b.      Murid-murid dapat meminjam buku-buku dari perpustakaan sekolah dengan mentaati peraturan perpustakaan yang berlaku
c.       Murid-murid berhak mendapat perlakuan yang sama dengan murid-murid yang lain selama tidak melanggar peraturan tata tertib
6.      Hal les privat
a.       Murid yang terbelakang dalam sesuatu mata pelajaran dapat mengajukan permintaan les tambahan dengan surat dari orang tuanya kepada kepala sekolah
b.      Les privat kepada guru kelasnya dan les privat tanpa sepengetahuan kepala sekolah dilarang
c.       Les privat hanya diberikan sampai murid yang bersangkutan dapat mengejar pelajaran yang ketinggalan
7.      Lain-lain
a.       Hal-hal yang belum tercantup dalam peraturan tata tertib ini diatur oleh sekolah
b.      Peraturan tata tertib sekolah ini berlaku sejak diumumkan
8.      Catatan
Semua orang tua/wali murid dimohon secara sadar dan positif agar peraturan tata tertib dipatuhi oleh anaknya.

D.    PROGRAM KEGIATAN
Program kegiatan tahunan :
1.      Program umum
a.       Tertib administrasi
b.      Rapat guru/karyawan
c.       Penataran guru
d.      Laporan pelaksanaan pendidikan
e.       Tutup tahun/resepsi
2.      Program pengajaran
a.       Membuat kalender pendidikan
b.      Membuat jadwal pelajaran
c.       Mengadakan supervisi KBM
d.      Mengadakan tes sumatif
e.       Mengadakan UADA
f.       Kenaikan kelas
g.      Merencanakan BP
3.      Program kesiswaan
a.       PMB
b.      Pelaksanaan BP
c.       Pembinaan koperasi madrasah
d.      Pembinaan pramuka/prosen/orkes/UKS
e.       Karyawisata/study tour
f.       Klasmeting
g.      Pengisian buku induk/rapor
h.      Mutasi/absensi siswa
4.      Ketenagaan
a.       Pengisian data guru/karyawan
b.      Penugasan guru/karyawan (intern)
c.       Kesejahteraan guru/karyawan
d.      Mutasi/absensi guru/karyawan
5.      Sarana prasarana
a.       Pengelolaan/pengadaan peralatan
b.      Pengelolaan/pengadaan perpustakaan
c.       Pembukuan keuangan
6.      Pembiayaan
a.       Pengelolaan BOS
b.      Pengelolaan uang tabungan
c.       Pengelolaan uang donatur,  sumbangan
7.      Masyarakat
a.       Mengadakan rapat wali murid/pengurus
b.      Peringatan hari besar
c.       Exposisi/pameran
d.      Mengadakan hubungan dengan
-          Instansi Depag
-          Instansi lain yang perlu
-          Orang/yayasan lain



E.     STRUKTUR ORGANISASI

BAGAN STRUKTUR ORGANISASI KOMITE / DEWAN SEKOLAH

Rounded Rectangle: Ketua Komite
Azam Arifin
Kamim ShRounded Rectangle: Kepala Sekolah
MusriatunRounded Rectangle: Kepdes / Lurah
Nyoto Dwi S,S.STP



Rounded Rectangle: Bendahara  II
Zuhadi IrfanRounded Rectangle: Bendahara  I
Solikhul HadiRounded Rectangle: Sekretaris  I
Masykur SuyutiRounded Rectangle: Sekretaris  II
Drs. Nilam Abadi


Text Box: Bidang-bidang
Rounded Rectangle: Penggalian Sumber Daya sklhRounded Rectangle: Pengelolaan Sumber Daya SklhRounded Rectangle: Pengendalian Kualitas Plynn SklhRounded Rectangle: Bid. Jaringan Kerjasama InformasiRounded Rectangle: Bid.Sarana  Prasarana SekolahRounded Rectangle: Bidang Usaha




F.     DASAR KEMAMPUAN GURU
1.    Menembangkan kepribadian
a.       Bertaqwa kepada Tuhan YME
b.      Berperan dalam masyarakat sebagai warga Negara yang berjiwa pancasila
c.       Mengembangkan sifat-sifat terpuji yang dipersyaratkan bagi jabatan guru
2.      Menguasai landasan pendidikan
a.       Mengenal tujuan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional
b.      Mengenal sekolah dalam masyarakat
c.       Mengenal prinsip-prinsip psikologi pendidikan yang dapat dimanfaatkan dalam PBM
3.      Menguasai bahan pengajaran
a.       Menguasai bahan pengajaran kurikulum
b.      Menguasai bahan pengayaan
4.      Menyususn program pengajaran
a.       Menetapkan tujuan pengajaran
b.      Memilih dan mengembangkan bahan pengajaran
c.       Memilih dan mengembangkan strategi belajar mengajar
d.      Memilih dan mengembangkan media pengajaran yang sesuai
e.       Memilih dan mengembangkan sumber belajar
5.      Melaksanakan program pengajaran
a.       Menciptakan iklim belajar mengajar yang sehat
b.      Mengatur ruang belajar
c.       Mengelola interaksi belajar
6.      Menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan
a.       Menilai prestasi murid untuk kepentingan pengajaran
b.      Menilai proses belajar yang telah dilaksanakan
7.      Menyelenggarakan program bimbingan
a.       Membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar
b.      Membimbing siswa yang berkelainan dan berbakat khusus
c.       Membimbing siswa untuk menghargai pekerjaan di masyarakat
8.      Menyelenggarakan administrasi sekolah
a.       Mengenal pengadministrasian kegiatan sekolah
b.      Melaksanakan kegiatan administrasi sekolah
9.      Berinteraksi dengan sejawat dan masyarakat
a.       Berinteraksi dengan sejawat untuk meningkatkan kemampuan profesional
b.      Berinteraksi dengan masyarakat untuk penuaian misi pendidikan
10.  Menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan
a.       Mengkaji konsep dasar penelitian ilmiah
b.      Melaksanakan penelitian sederhana

G.    PENERAPAAN MBS
1.      Sejarah MBS
Manajemen Berbasis Sekolah dimulai sejak tahun 2008-2009 setelah KTSP, tetapi sebelum Tahun ajaran 2008/2009 MI Asas Islam sudah berupaya atau sudah mengadopsinya sejak lama.

2.      Pilar MBS
a.       Manajemen Sekolah
Kepala sekolah yang menjabat saat ini adalah kapala sekolah yang petama menerapkan MBS di sekolah tersebut. Kepala sekolah memerankan fungsinya sebagai pemimimpin di sekolah yang memiliki tanggung jawab untuk mengajar dan mempengaruhi semua yang terlibat dalam kegiatan pendidikan di sekolah untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan sekolah. Dalam menjalankan tugasnya Kepala sekolah tidak bersikap dictator tetapi lebih terbuka dan lebi dekat dengan dewan guru, selain sebagai pemimpin kepala Sekolah juga mengelola administrasi namun masih belum optimal karena tidak ada yang membantu.
b.      PAKEM
Guru dalam penyusunan  promes, prota, silabus, RPP sesuia dengan peraturan yang ada. Dalam setiap mata pelajaran guru membuat RPP sehingga pembelajaran sudah terencana dan tujuan pembelajaran tercapai. Metode pembelajaran yang digunakanpun bervariasi sehingga siswa dapat bekerja secara aktif dan kreatif. Untuk menunjang PAKEM sekolah juga mengoptimalkan penggunaan buku-buku perpustakaan dan menerapkan wajib kunjung dua kali dalam seminggu untuk warga sekolah. Namun PAKEM di sekolah ini belum sepenuhnya berjalan secara optimal, hal ini disebabkan kurangnya sarana  dan media dalam pembelajaran. Sekolah semaksimal mungkin tetap mengatasi kendala tersebut misalnya dengan mengikuti  KKG bagi para guru sehingga guru dapat bertukar pikiran dengan guru disekolah lain.
c.       Peran Serta Masyarakat
Peran serta masyarakat dalam usaha pendidikan dan pengembangan sekolah belum optimal karena Orang tua murid yang memperhatikan pendidikan sekitar 50% kebawah, dan dalam pekerjaaan rumah anaknya, orang tua murid kurang memperhatikan karena pendidikan dan ekonomi orang tua murid tergolong menengah ke bawah. Untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan mengadakan pertemuan antara guru dengan orang tua murid minimal 4 bulan sekali.
Akan tetapi masyarakat mendukung dalam hal penyelenggaraan kegiatan sekolah dengan memberika dana, pemikiran, barang dan lain-lain seperti saat ini sekolah sedang merenovasi gedung sekolah. Masyarakat dengan sukarela memberikan bantuan seperti semen, pasir dan lain-lain.

3.      Analisis SWOT
a.       Strength
1)      Dalam kepemimpinannya kepala Sekolah bersifat terbuka kepada guru-guru.
2)      Di SD MI Asas Islam ini terdapat guru 12 guru, guru negeri ada 7 orang dan guru swasta ada 4 orang. Kelas 1, 2, 3 di pegang oleh guru kelas dan kelas 4, 5, 6 semi.
3)      Guru mengikuti KKG 1 bulan sekali di bawah 2 dinas yaitu dinas pendidikan dan dinas agama (depag) untuk meningkatkan kemampuan.
b.      Weakness
1)      Dalam inventaris seharusnya continue tetapi dalam kenyataannya masih acak-acakan dan belum maksimal karena jumlah guru pas untuk mengajar maka tidak ada yang membantu administrasi.
2)      Kurangnya sarana prasarana yang menunjang kegiatan pendidikan.
c.       Opportunity
1)      Dalam setiap kegiatan sekolah masyarakat mendukung penuh baik tenaga, dana dan lain-lain.
2)      Semakin baik kwalitas dari sekolah maka semakin banyak orang tua yang mempercayakan pendidikan anaknya.
3)      Jarangnya sekolah dasar yang berasaskan islam didaerah tersebut
d.      Threat
1)      Orang tua murid yang memperhatikan pendidikan sekitar 50% kebawah
2)      Dalam pekerjaaan rumah anaknya, orang tua murid kurang memperhatikan
3)      Pendidikan dan ekonomi orang tua murid tergolong menengah ke bawah
4.      Keberhasilan setelah penerapan MBS
SD MI Asas Islam telah mampu membentuk peserta didik yang berprestasi, santun dalam berperilaku serta beriman dan bertaqwa melalui kegiatan pembelajaran. Dalam prestasinya SD MI Asas Islam tahun kemarin UASBN mendapat  juara nomor 1 se-MI kota salatiga tahun ajaran 2009/2010. Prestasi/keberhsilan lainnya yaitu setiap lomba mendapat juara dengan piala bergilir tingkat kecamatan.





BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Mutu pendidikan di Indonesia sekarang ini kurang memuaskan, maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Upaya peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan melakukan reformasi pendidikan. Model reformasi yang ada sekarang ini yaitu model Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). MBS adalah salah satu bentuk restrukturisasi sekolah dengan merubah sistem sekolah dalam melakukan kegiatannya. Tujuan dari MBS adalah untuk meningkatkan prestasi akademik sekolah dengan merubah desain strukturnya.
Saat ini telah banyak sekolah yang menggunakan model Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Dalam menggunakan model MBS ini tentu saja tidak berjalan lancar tapi banyak kendala yang dihadapi dalam penerapan konsep baru ini yang perlu mendapatkan masukan dari berbagai ahli manajemen pendidikan.
B.     SARAN
Dalam menerapkan MBS dan meningkatkan mutu sekolah maka yang harus di lakukan yaitu:
a.       Menyusun visi dan misi sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan
b.      Memiliki strategi manajemen
c.       Adanya peran sekolah untuk mengembangkan siswa, guru dan sekolah menurut karkteristik sekolah itu sendiri
d.      Memiliki SDM yang berkompeten.




Description: H:\obser\Hemph ^_^(1479).jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar